Pusdik Intel Ikuti Upacara Hari Lahir Pancasila 2021 secara Virtual: Pancasila dalam Tindakan, Bersatu untuk Indonesia Maju

oleh -36,531 views

Soreang – Ditengah Pandemi covid-19, Peringatan hari lahir Pancasila di gelar secara virtual.

Pusdik Intel Soreang, Bandung tak ketinggalan mengikuti upacara peringatan Hari lahir Pancasila secara virtual secara khidmat di Gedung Kresna, Pusdik Intel Soreang, Bandung, Selasa (1 Juni 2021).

Hadir diantaranya, Kapusdik Intel Soreang Kombes Pol Yuyun Yudhantara, Wakapusdik Intel Soreang AKBP Adi Nugraha, dan PJU Pusdik Intel serta peserta didik SIP 50 – Sipsus Intelijen.

Dalam upacara virtual tersebut, Presiden Joko widodo sebagai inspektur upacara dan pelaksanaan upacara tetap dilakukan dengan protokol kesehatan. Seperti Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, yang mendapat giliran untuk membacakan teks Pancasila secara virtual.

Begitu juga dengan pembacaan naskah pembukaan UUD 1945 oleh Ketua DPR RI Puan Maharani.

Dalan sambutannya, Presiden Jokowi yang mengenakan pakaian adat dari Kabupaten Tanah Bumbu Kalimantan Selatan itu mengatakan agar peringatan Hari lahir Pancasila setiap 1 Juni harus benar-benar dimanfaatkan untuk mengokohkan nilai-nilai yang ada didalamnya. Utamanya, dalam penerapan di kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Walaupun Pancasila telah menyatu dalam kehidupan kita sepanjang Republik Indonesia berdiri, tantangan yang dihadapi Pancasila tidak ringan,” tutur Jokowi, di Istana Kepresidenan Bogor.

Ia juga mengatakan Pancasila menghadapi perkembangan global yang tidak serta merta selalu sama dalam pandangan maupun kebersamaan. Perkembangan global pun tak jarang menimbulkan kompetisi dan rivalitas antarpandangan, antarnilai, dan antarideologi.

“Ideologi transnasional cenderung semakin meningkat memasuki berbagai lini masyarakat dengan berbagai cara dan strategi. Perlu pendalaman Pancasila yang tidak biasa dengan memanfaatkan teknologi 4.0 yang berke-Indonesiaan. Saya mengajak semua elemen untuk bersatu demi mewujudkan Indonesia maju. Selamat membumikan Pancasila dalam bermasyarakat dan bernegara,” tandasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.